WHEN NADE GOT BORED @ OFFICE

It’s gonna be a loooooooong post hahahahaha….
Awalnya nade lagi duduk2 didepan meja komputer kantor en karena lagi gak ada kerjaan – kok tiba2 punya keinginan untuk memikirkan lebih jauh tentang lirik sunadokei dan umibe hehehe….

Yaa…kedua lirik ini bikin heboh dunia HAITSU wakakaaka….selain kedua lagu dari album KISS ini musiknya diciptakan oleh tetsu , ternyata masing2 lagu – liriknya dikerjakan oleh dua cowok paling Kontroversial…sunadokei oleh tetsu dan umibe oleh hyde.

Setelah menilik dari sudut pandang nade *sudut pandang ficcers seenak perut wahahaha*
Kesimpulan dari dua lagu ini adalah “KEDUANYA SAMA2 MENEGASKAN BAHWA CINTA YANG ADA DIDALAM HATI MASING2 CREATOR LIRIK INI – SEMUANYA TIDAK KESAMPAIAN ALIAS KANDAS”

Sunadokei lebih menunjukkan bahwa pada akhirnya creator lirik ini pasrah (baca aja sendiri hehehe), sedangkan di umibe lebih menunjukkan ketidaksensitifan sang creator lirik ini untuk tahu lebih awal ttg cintanya dan semuanya terlambat.

Nade langsung memakai terjemahan English nya hehehehe……
So kalo sampai ada perbedaan arti terjemahan – nade rasa tidak akan mempengaruhi keseluruhan hasil inti dari kedua lagu itu ^^



~sunadokei~

I would like the time to pass by, just like this, with nothing changing. (ingin agar waktu yang terus berlalu , tetapi tidak merubah keadaan yang sudah ada saat ini/itu . dia ingin waktu tidak merubah sesuatu yang baginya sudah merasa nyaman saat ini)

Not wanting to notice anything, even the freedom that tried so desperately. (dia tidak ingin menyadari bahwa harapannya tidak terwujud, waktu berjalan dan mengubah keadaan, bahkan kebebasan yang selama ini ia usahakan  kebebasan?...ini bisa berarti kebebasan berbicara, bertindak, kebebasan mencintai tanpa memandang siapa pasangannya?)

Everything, without exception, is here, isn't it? (semuanya tanpa terkecuali ada disini  sebuah kenyataan??)

Even if I leave myself alone in the maze, (walau dia membiarkan dirinya berdiri sendiri dalam persimpangan jalan  berusaha memutuskan sendiri pilihan yang disodorkan padanya?)

before long, the fading scenery will show it to me. (sepertinya ini mengenai kenangan2 yang dia miliki)

It's right beside me, isn't it? (ada kemungkinan ini mengenai pendamping hidupnya – yg sudah siap disisinya saat ini … tapi ada pula kemungkinan ini mengenai sosok seseorang yang ada dalam kenangannya tersebut – ada disisinya tapi hanya bisa disebut sebuah memori – tidak akan menjadi sebuah kenyataan)

Make or break make amends (membuat atau merusak/menghancurkan – membuat lebih baik dari sebelumnya  usaha2 yang selama ini dia lakukan untuk mempertahankan sesuatu)

and then it's all gone (lalu semuanya musnah  usaha dia selama ini ternyata berujung hasil yang sia2 belaka )

Miracles won't happen, but an answer comes (keajaiban tdk akan datang tetapi jawabanlah yang ada  dia sudah kehilangan harapan mendapatkan keajaiban untuk apa yang selama ini dia coba pertahankan , dan dia sadar bahwa muncul jawaban / realitas dihadapannya yang mau tidak mau harus dia jalani , realitas yang berbeda jauh dengan keinginannya)

from the hourglass that falls from the sky.

I just shut my eyes from the cruel end. (menutup mata dari akhir yang kejam  dia semakin menekankan bahwa harapannya sudah berakhir dan itu menyakitkan baginya)

Wishing for happiness calls upon more tragedy. (berharap mendapatkan banyak kebahagiaan tetapi hanya menimbulkan lebih banyak tragedy  dia bermimpi bahwa jika dia memilih apa yang dia inginkan maka semuanya akan baik2 saja dan semuanya bahagia , tetapi ternyata dia sadar bahwa semuanya malah memburuk)

Smiles turn into sadness, (senyum yang berubah menjadi kesedihan  kebahagiaan yang pernah dia alami bersama dengan orang yang dia sayangi ternyata malah berubah menjadi kesedihan yang menyakitkan, entah karena tidak adanya rasa cinta lagi atau karena pihak luar yang menyudutkan mereka)

the peace that was taken from us now just seems like
a make-believe paradise.
(kedamaian yang selama ini mereka miliki diambil dari mereka dan kedamaian itu terlihat bagai fatamorgana  bagian ini menegaskan bahwa bukan karena tidak ada rasa cinta lagi diantara mereka – tetapi karena pihak lain lah yang membuat mereka terpisah , mengeluarkan mereka dari mimpi indah bersama mereka dan membawa mereka kembali ke sebuah kenyataan hidup)

Hold your breath hold your peace (ini dari tanyus nih - seperti ucapan pendeta yang hendak menjodohkan dua insan – speak now or hold your peace eternally  dia bertanya apakah ada yang bisa mengatakan ketidak setujuannya dengan pilihan yang dia lalui saat ini , jika semua terdiam maka dia akan melalui pilihan barunya itu)

It's time to make or break (ini seperti sebuah hints untuk sosok yang dia sayangi , dia ingin memberikan dorongan agar sosok ini melakukan sesuatu – inilah waktunya!! Ini waktunya untuk berbuat sesuatu dan menghancurkan halangan yang ada, sebelum semuanya terlambat dan dia tidak bisa kembali lagi dalam pelukan sosok ini)

To protect someone dear to us, we hurt someone else. (untuk melindungi orang yang sangat kita sayangi – kita menyakiti orang lain, ini bisa berarti untuk melindungi orang yang dia cintai , apapun akan dia lakukan – baik itu kebohongan demi kebohongan , kejahatan demi kejahatan dan semuanya itu pasti akan melukai hati orang yang dia bohongi atau dia sakiti – dan semuanya memang untuk sosok itu . KEDUA, tidak menutup kemungkinan sosok yang dia cintai juga tersakiti karena dia memutuskan sesuatu secara drastis – walaupun tujuan tersembunyi nya adalah melindungi sosok yang dia cintai tersebut.)

Will you forgive the people who commit such sins unknowingly? ( sepertinya bagian ini lebih cocok dengan alasan nomor KEDUA. Dia bertanya apakah orang yang melakukan dosa seperti itu akan dimaafkan? Kata unknowingly menunjukkan tentang “latar belakang” dosa yang dia buat atau ada sebuah TUJUAN RAHASIA dalam dosa yang dia lakukan – yaitu melindungi seseorang yang dia cintai – dengan memutuskan sebuah pilihan drastis yang akhirnya menyakiti orang yg berusaha dia cintai itu)

Until God delivers his judgement, the answer is in the hourglass running at the palm of your hand. (dia pasrah hingga Tuhan sendirilah nantinya menjatuhkan hukuman atas dosa yang ia akui itu. Hourglass sendiri memiliki arti yang banyak – dalam Hebrew , hourglass artinya 3 proses dari The Creation , The Exodus , dan The Word of the Prophets – bisa diartikan dari penciptaan , pemaknaan, dan akhir kehidupan , tapi nade rasa ini bukan maksud tetsu cause he isn’t that clever hahahaha *disemen tetchan*… jika boleh berpendapat , mungkin maksudnya adalah waktu yang terlalu bergerak lah yang nantinya akan membuktikan segalanya – waktu jugalah yang nantinya memperlihatkan hukuman macam apa yang akan dijatuhkan padanya)

We've known it from the start, if we obtain our endless desires,
Our neverending pain will just continue until we lose everything
. (mereka berdua sudah sadar sejak lama apabila mereka terus memperjuangkan keinginan mereka – maka rasa sakit akan terus menghantam mereka – rasa sakit dari ketidak setujuan pihak lain terhadap hubungan mereka – dan suatu hari disaat mereka berdua mulai melemah – saat itu pulalah mereka akan kehilangan satu sama lain)

Until God delivers his judgement.








~Umibe~

I want to touch those gentle cheeks
I want to soak in kind times
Once more, I return to that seashore
It’s like nothing is there anymore

(kesimpulannya – ini tetap mengenai sebuah kenangan – kenangan dia tentang kebahagiaan yang ia dapat saat di pesisir bersama dengan orang yang dia sayangi , kebahagiaan saat dia menyentuh lembut pipi orang tersebut. Tetapi diakhir bait terlihat bahwa semua itu memang tinggal kenangan – tidak akan ada lagi)

Without noticing your voice the seasons pass
A solid hard curtain has fallen, without even a goodbye

(TERLAMBAT…. Itu intinya. dia tidak menyadari betapa dekatnya sosok yang ia cintai itu hingga waktu terus berjalan. Dia baru tersadar saat semuanya sudah berakhir – bahkan dia tidak memiliki kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal)


I unexpectedly dropped by shadow
Before the color could change, I picked a fruit
Suddenly it dyed my heart
As if I could return to that time…

(let’s see….dari sudut ini, dia jatuh dalam kegelapan – tidak dapat berpikir secara bersih lagi tentang apa yang harus dia lakukan untuk mendapatkan sosok yang ia cintai ini. Hyde always talk about fruit – dan semuanya selalu menuju pada “forbidden fruit” dalam taman eden. Karena tidak tahu apa lagi yg harus dia lakukan – maka dia melakukan hal yang menciptakan “dosa” lainnya – tetapi itu tetap tidak bisa membawanya kembali pada masa indah itu)

You looked happy as we melted together on the seashore
In that radiant sunlight, we swam
Even though so much time has passed, these memories are carved into me
Never disappearing, they torment me

(kenangan indah bersama dengan orang yang sangat dia cintai – dan kenangan itu selalu terpatri dalam hatinya . tetapi karena itulah – malah menyiksa dia . dia tidak bisa memiliki orang yg dia cintai itu – tapi dia juga tidak bisa melepas kan sosok tersebut karena kenangan2 yg selalu mendorongnya untuk terus menginginkan sosok itu)

If I was allowed… to smile… If I was allowed
To walk to that summer; let’s go back to that wavy beach

(seperti memohon kepada Yang Kuasa – meminta agar dia bisa bersama dengan sosok yang dia cintai itu – kembali menikmati hari2 indah berdua)

You looked happy as we melted together on the seashore
In that radiant sunlight, we swam


Whenever I walk along this path, you pierce me
As if it flows from this chest…it overflows

(apapun yang dia lakukan – jalan apapun yang dia pilih , maka bayangan sosok yang dia cintai ini tidak akan pernah hilang – bahkan semakin lama bagaikan menusuk dadanya dan kenangan itu akan kembali membayanginya dan tidak mau hilang)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

3 comments:

Unknown said...

Set dah, malam ini Amei gak bakalan bisa tidur tanpa mikirin analisis Nade hahaha... Btw, analisis yang hebat neee **baca berulang-ulang**

A.N.Y said...

hm...setidaknya..mereka berdua mencoba untuk mencurahkan perasaan itu heheeee..walopun hanya dalam sebuah lagu dan berharap fans akan mengerti maksudnya^^
btw..tapi cinta yang tak sampai itu pasti akan diteruskan oleh anak-anak mereka nanti di kehidupan selanjutnya ^__^
beri semangat ayana, buat ngelahirin anak perempuan^^
saya mengerti kenapa tetsu ingin anaknya perempuan, supaya hubungan anak tetsu n hyde nanti tidak terlarang dan tidak akan ada yang menghambat cinta mereka berdua seperti cinta sang ayah yang harus kandas di tengah jalan..*DuhOtakJadiNgacobegini*--> bacok nade pake pisang T__T

Anonymous said...

kalo ini dari sudut pandang nade sih...kalo dua orang ini sebenarnya belum menyerah (belum 100% menyerah)...dalam hati merka yg paling dalam..mereka mencoba mendapatkan kembali keyakinan mereka bahwa someday - we could be together - with both of our children hahahahaha....*tambah bikin ngaco*