THE FACTORY SHIP

THE FACTORY SHIP [KANI KOSEN]
BY KOBAYASHI TASHIJI (1929)

kenapa nade tiba2 ingin membicarakan hal diatas ? itu gara2 ini :


hehehehe...yosh, gara2 trailer nan indah itu membuat nade penasaran dengan novel yang diciptakan tahun 1929 tersebut.

nade langsung ubek2 google dan berhasil mendapatkan data yang cukup mengejutkan buat nade. secara garis besar, yang bisa nade simpulkan mengenai novel ini adalah banyak nya unsur :

KEKEJAMAN
SADISM
PENGANIAYAAN
PEMUKULAN
PENYIKSAAN
KEMATIAN
KESEDIHAN

dan tidak ketinggalan adanya unsur PELECEHAN SEKSUAL (homoseksualitas) didalam novel milik kobayashi tashiji ini.

tahu gak apa yang nade pikirkan setelah menyimpulkan semua itu? yang terpikirkan hanyalah "YA TUHAN , AKU MOHON ARAKI BERMAIN UNTUK BOOK TRAILER SAJA DAN BUKANNYA DIBUAT FILM NYA!"

nade sungguh gak sanggup ngelihat arayan yang bakal dipukuli, disiksa , dan yang paling parah menerima pelecehan seksual dalam film nya!!!




----------------------------


okey...mungkin masih banyak yang dipenuhi tanda tanya, sebenarnya cerita nya kayak apa sih kok ketakutan nade begitu besarnya??

biar nade mulai terlebih dahulu dengan sosok si pembuat novelnya - KOBAYASHI TASHIJI. dia seorang penulis novel yang fenomenal dijamannya (1920-an) karena gaya nya bercerita yang sangat vulgar - terutama dalam memaparkan tiap penyiksaan yang dialami oleh karakter dalam novelnya. novel tashiji juga memaparkan tentang adanya realita perbedaan sosial (kaya-miskin) , perlakuan yang tidak seimbang antara pemilik modal dan pekerja buruh kasar, dan pemikiran tentang fenomena "homoseksual" di tahun 1920-an.

tashiji meninggal diusia muda yaitu 29 tahun, kematiannya tertulis sebagai akibat penyakit jantung - tetapi kenyataan yang sebenarnya dia menerima siksaan fisik dari polisi yang menangkapnya - bahkan banyak yang mengatakan siksaan yang diterima tashiji MIRIP dengan siksaan yang dia gambarkan dalam novelnya.

sebelum meninggal, dia berhasil menyelesaikan novel nya "KANI KOSEN" atau kalo di enggrish kan menjadi [THE FACTORY SHIP].

novel The Factory Ship bercerita tentang bagaimana pemimpin kapal pengalengan/pengepakan kepiting kedalam kaleng - yang bersikap sangat kejam terhadap para buruh yang bekerja didalam kapal tersebut.

para buruh dipaksa bekerja pagi,siang, dan malam... hanya diberi kesempatan istirahat sejenak diruangan kecil dan pengap, jarang diberi makan dan minum, hingga satu demi satu para buruh pun tumbang (mati karena kelelahan).

selain kekejaman oleh sang pemimpin kapal , ternyata juga terjadi pelecehan seksual didalam kapal tersebut. dari artikel yang nade baca (nade belum nemu translation FULL novel ini) bahwa kejadian pelecehan tersebut terjadi karena tidak adanya "wanita" dalam kapal tersebut dan mereka harus berada di lautan selama 4-5 bulan lamanya (tanpa wanita). hal ini menjadi pemicu untuk memuaskan hasrat seksual dengan sesama jenis.

tekanan batin dan fisik yang diterima oleh para buruh ini akhirnya sampai pada batasnya. para buruh ini pun bersatu untuk melawan sang komandan kapal - memberontak dari tirani nya yang berlangsung lama itu.


--------------------------





novel ini memang genre nya ADULT dan sangat DARK (ANGST). memang bukan untuk di baca oleh kalangan anak-anak atau remaja. tetapi pada perkembangan diera ini, novel tashiji sangat terkenal dan berhasil terjual mencapai angka lebih dari 1 juta kopi (hanya di jepang aja), bahkan novel tashiji menjadi bahasan yang paling disukai oleh mahaiswa2 dari sastra jepang.

oleh karena itu, saat nade melihat book trailer yang berisi sosok araki (sebagai salah satu buruh dalam kapal tersebut dan yang memimpin pemberontakan thd sang pemimpin kapal), ada sebagian dalam diri nade yang PROUD melihat sosok araki yang bermain dengan karakter yang completely DIFFERENT dan DIFFICULT.

tapi sebagian diri nade tidak mampu melihat araki bermain dalam film semacam ini. so..secara ini adalah BOOK TRAILER...maka tidak akan berlanjut ke muvi khan??

hehehehe...jujur, nade belum bisa memastikan ini juga karena trailer ini juga baru muncul kepermukaan 2 hari kemarin - jadi info yang lengkappun belum bisa didapatkan dari manapun (semua fans araki yang di jepun aja masih bertanya2 apa ini hanya promosi untuk NOVEL atau memang mau dibuat filmnya).

nade hanya bisa berkata...ARAKI - HE IS GROWN UP NOW!! kau benar2 fenomenal karena tidak terpatok pada karakter yang "disukai" dan "diinginkan" oleh fans tetapi kau berani mengeksplorasi kemampuan dan karakter yang bermacam2. *salute*


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments: